Kentongan Digital, Inovasi Desa Mengen Untuk Jaga Keamanan

Desa Mengen Punya 'Kentongan Digital, Sekali Klik Android Se-Desa Berbunyi Otomatis
Foto: timesindonesia.co.id

Tim Teknologi Informasi (TI) Desa Mengen, Kecamatan Tamanan, Kabupaten Bondowoso berinovasi dengan menciptakan sistem keamanan berbasis digital dengan sebutan Kentongan Digital. Sistem ini dapat terhubung ke semua ponsel milik warga desa. Cara kerjanya mirip alarm yang mengirimkan tanda bila terjadi gangguan keamanan atau hal mencurigakan di lingkungan desa.

Untuk memasang sistem ini, warga dapat mengunduhnya di aplikasi play store. Selanjutnya, warga perlu melakukan registrasi ke balai desa karena sistem ini hanya diperuntukkan bagi warga Desa Mengen. Sebagai sistem pendukung keamanan lingkungan, warga desa dapat menekan tombol keamanan bila ada hal-hal yang mencurigakan. Bila tombol ditekan, maka semua handphone warga desa yang sudah teregistrasi akan berbunyi.

Kentongan digital ini juga dilengkapi dengan informasi tempat (spasial). Jika ada salah satu warga di Dusun Krajan misalnya menekan tombol keamanan, maka lokasi itu akan muncul. Setelah diketahui ada gangguan keamanan, maka warga atau pihak desa bisa berkoordinasi dengan Polsek atau Polres Bondowoso. Namun, jika warga menekan tombol tanpa ada alasan atau hanya main-main tentunya akan ada sanksi yang diberikan.

Pemerintah Kabupaten memberikan apresiasi atas inovasi yang dilaksanakan Desa Mengen ini. Harapannya sistem ini mampu membantu dan mempermudah masyarakat khususnya di bidang keamanan.

Sumber: inovasidesa.kemendesa.go.id, memoindonesia.com, jurnalsecurity.com, timesindonesia.co.id

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *