Lapangan Bola Berstandar FIFA Desa Cisayong

 Pemerintah Desa Cisayong, Kecamatan Cisayong, Kabupaten Tasikmalaya, Jawa Barat melakukan revitalisasi Lapangan Sakti Lodaya. Proses revitalisasi ini melibatkan anggaran dana desa tahun 2018 sebesar Rp 700 juta.
Foto: Republika/Eric Iskandarsjah Z

Berbeda dengan lapangan desa pada umumnya, lapangan Lodaya Sakti di Desa Cisayong dibangun memenuhi standar Federation of International Football Association (FIFA). Inisiatif ini dilakukan dengan dana bersumber dari Dana Desa 2018 dan bantuan keuangan dari Pemerintah Provinsi Jawa Barat yang nilai totalnya sekitar Rp 1,4 miliar.

Pembangunan lapangan seluas 93×54 meter persegi menggunakan rumput lapangan jenis Zoysia matrella (ZM) dari Eropa. Jenis rumput ini masuk dalam kategori kualitas tinggi dengan kerapatan, elastisitas, kemampuan menahan beban, pemulihan diri, dan perakarannya yang sempurna, sehingga bisa mengurangi risiko cedera bagi para pemain. Selain itu lapangan ini juga dilengkapi drainase dan penyiraman, hampir setara GBK (Gelora Bung Karno) dan GBLA (Gelora Bandung Lautan Api).

Adanya lapangan ini mampu mendongkrak perekonomian di desa. Lapangan ini disewakan dengan tarif Rp 750 ribu bagi warga dari luar desa namun masih dalam wilayah Kecamatan Cisayong dan Rp 1 juta untuk warga dari luar kecamatan. Selain itu, Kepala Desa Cisayong menyatakan usaha ekonomi kecil seperti pedagang kaki lima dan warung-warung juga mulai menggeliat.

Baru-baru ini, Desa Cisayong juga mendapat kunjungan dari Gubernur Jawa Barat M Ridwan Kamil. Ia menyatakan Desa Cisayong bisa dijadikan contoh bagi desa lain karena hanya dengan lapangan saja bisa menghasilkan kunjungan wisata. Ia juga akan mengonsepkan Desa Cisayong agar dapat menjadi desa wisata homestay. Untuk itu, pihaknya berencana memberikan bantuan sebesar 630 juta. “Jadi itu contoh dari lapangan saja yang sederhana menghasilkan kunjungan lalu ada transaksi dan kita akan wadahi menjadi desa wisata,” ujar Emil.

Sumber: https://inovasidesa.kemendesa.go.id/, https://nasional.republika.co.id/, https://jabar.antaranews.com/

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *