Dukcapil Bombana Terapkan Aplikasi Layanan KIA Secara Online

Dukcapil Bombana Terapkan Aplikasi Layanan KIA Secara Online

Kominfo, Disdukcapil – Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Bombana, menggelar Sosialisasi Layanan Kartu Identitas Anak Online (Lakiano). Bertempat di Aula Kantor Kecamatan Poleang pada hari Senin (8/6/2020).

Acara ini dibuka langsung Kepala Dinas Dukcapil Kabupaten Bombana Firdaus, S.Pd yang di dampingi oleh Camat Poleang Syukri. HS, S.IP dan Kepala UPTD Dukcapil Poleang, turut hadir Lurah dan Kepala Desa serta seluruh Kepala Sekolah SMP sederajat, SD sederajat dan TK se Kecamatan Poleang. Selain itu, Kepala Bidang Pemanfaatan Data dan Inovasi Pelayanan Dukcapil dan beberapa pejabat Eselon IV serta beberapa Staf Dinas Dukcapil dan UPTD Dukcapil Poleang.

Mengawali kegiatan, Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Bombana, menyampaikan bahwa Dokumen Kartu Identitas Anak (KIA) adalah Dokumen Negara yang merupakan identitas Anak  yang berumur mulai 0 tahun sampai 17 Tahun kurang sehari, yang fungsinya sama dengan KTP-el.

“Apabila seorang anak belum memiliki KIA berarti dia belum memiliki identitas secara nasional, yang diolah secara terintegrasi dalam satu aplikasi Sistem Informasi Administrasi Kependudukan (SIAK),” ungkap kadis Firdaus.

Kata Firdaus, “tetapi dia hanya tercatat didalam Kartu Keluarga (KK). “nah untuk memudahkan layanan tersebut maka kami membuat terobosan baru yaitu Lakiano berbasis website, yang dilakukan dengan memanfaatkan Teknologi Informasi (IT) sehingga dapat memberikan kemudahan kepada masyarakat untuk memperoleh KIA,”jelasnya.

Ia menambahkan, “Namun kami tidak menutup diri bahwa layanan online kami sudah lakukan lantas tidak lagi menerima permohonan manual, “tidak seperti itu, ini adalah pilihan yang mana menurut masyarakat mudah pengurusannya akan tetapi sekarang ini layanan manual kami batasi karena adanya Corona, kami bekerja tetap harus mengedepankan protokol kesehatan dalam rangka mencegah penularan Covid-19,”tuturnya.

Ditempat yang sama Kepala Seksi Sistem Informasi Administrasi Kependudukan (SIAK), Bidang Pengelolaan Informasi Administrasi Kependudukan (PIAK), Disdukcapil Kabupaten Bombana Sugiatno, S.Si sebagai pemateri dalam sosialisasi tersebut menjelaskan bahwa, “untuk mengajukan permohonan melalui Website https://dukcapilbombana.online maka pemohon harus membuat User untuk login dan mengajukan permohonan. Selain untuk pengajuan permohonan KIA, User juga dapat digunakan untuk pengajuan layanan lain yang tersedia dalam website tersebut, “jelasnya.

lebih lanjut Sugiatno mengatakan, “Melalui kegiatan sosialisasi ini, harapan kami kepada para Lurah, Kepala Desa yang mewakili seluruh masyarakatnya dan para Kepala Sekolah SMP, SD dan TK yang mewakili seluruh orang tua siswa untuk kemudian membantu kami dilapangan tentang tata cara bermohon dokumen KIA secara online melalui website yang telah kami siapkan, ”tutupnya.(Alimuddin)

Sumber : https://bombanakab.go.id/?single=936&newsid=43a8ccfa997b9a250a2b9963461bd812

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *