Edukasi Alam Geosite Juru Seberang Geopark Belitong

Geosite Juru Sebrang terletak di Kecamatan Tanjung Pandan, tepatnya 5 km dari pusat kota Tanjung Pandan Kepulauan Bangka Belitung. Geopark Belitong terdiri dari 17 geosite yang memiliki keunikan keindahan masing – masing. Salah satunya adalah Geosite Juru Seberang. Geosite juru seberang merupakan eks tambang timah lepas pantai ini fokus pada rehabilitasi lahan pasca tambang, pembibitan udang, kepiting dan ikan kerapu serta mitigasi iklim dengan penanaman pohon bakau.

Jika berkunjung ke sana, kamu bisa melihat banyak penangkaran ikan kerapu, proyek mitigasi perubahan bencana, dan penanaman pohon bakau. Yang menariknya destinasi wisata Juru Seberang berupa Mangrove yang telah ditetapkan menjadi salah satu geosite di Kabupaten Belitung.

Geosite Mangrove Juru Seberang

Lokasi ini juga menjadi tujuan kunjungan sekolah-sekolah untuk belajar edukasi alam. Sabtu (16/3) lalu, Sekolah Dasar Negeri (SDN) 17 Tanjungpandan kelas III, IV, V dan VI mengunjungi dan melakukan penanaman bakau. Penanaman 100 pohon bakau di pinggir sungai di pinggir sungai kawasan Mangrove Juru Sebrang ini dilakukan oleh kelas VI dan disaksikan oleh peserta dari kelas lainnya.

Penanaman dipandu oleh pengelola Geosite Ex-Tambang Timah Laut Juru Sebrang merupakan anggota Hutan Kemasyarkatan (HKM) Seberang Bersatu. Sebelum melakukan penanaman, para siswa dibekali dengan penjelasan mengenai mangrove dan manfaatnya. Mangrove atau bakau adalah hutan yang tumbuh di air payau,dan dipengaruhi oleh pasang-surut air laut.

Hutan ini tumbuh khususnya di tempat-tempat di mana terjadi pelumpuran dan akumulasi bahan organik. Kawasan konservasi ini menawarkan pemandangan pesisir yang indah, menyusuri hutan bakau serta atraksi penangkapan ikan secara tradisional. Keistimewaan lainnya adalah menikmati matahari terbenam atas sebuah menara tinggi 6 meter.

Geosite ini memang sedang naik daun. Banyak wisatawan lokal maupun nasional yang berkunjung untuk menikmati keindahan alam. Disini juga dilengkapi dengan taman bermain anak yang berlokasi di pinggir pantai, sehingga anak-anak bisa bermain sambil menikmati suasana pantai yang menarik

Sumber: Belitong Geopark

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *