Berwisata ke Kampung D’jampang Kemang, Bogor

¬†Lokasi Kampung Wisata D’jampang di Kemang Bogor

Kemang, Bogor (26/02/20) — Terdapat banyak kampung wisata di Bogor Barat yang sangat disayangkan apabila tidak dikunjungi, salah satunya adalah Kampung Wisata D’Jampang. Kampung Wisata D’jampang merupakan kawasan desa pemberdayaan Dompet Dhuafa yang memiliki nilai strategis sebagai objek wisata. Terletak di kawasan Zona Madina, Jalan Raya Parung KM 42, Kemang-Bogor. 

Kampung Wisata D’Jampang mengelola wilayah seluas 25 km2 yang mencakup 4 kecamatan. Berbekal potensi sumber daya dan kearifan lokal yang berlimpah, kampung wisata D’jampang menghadirkan objek wisata yang berbeda dari tempat wisata lainnya. 

Yang membedakan adalah, di Kampung Wisata D’jampang terdapat zona agrowisata seperti budidaya jamur dan juga pemanfaatan kopi yang kemudian di kembangkan lagi menjadi sebuah usaha kecil yang bernama Kopi Madaya, dan zona wisata budaya serta zona pendidikan seperti pemberdayaan silat Jampang, tempat panahan, dan Jampang English Village.

Denah Lokasi Kampung Wisata D’jampang

Kampung Wisata D’Jampang merupakan integrasi kampung wisata dengan konsep yang kreatif dan juga unik. Kampung Wisata D’Jampang tidak hanya menyediakan beragam zona wisata unggulan untuk segala umur, tetapi juga menghadirkan berbagai menu kuliner dengan sensasi kampung yang senantiasa memikat selera di setiap kalangan. 

Nama kampung wisata D’jampang ini diambil dari nama suatu desa, yaitu Desa Jampang yang menjadi tempat lokasi wisata ini berada, tempat wisata ini juga menjadi sebuah proyek pemberdayaan masyarakat sekitar. 

Sehingga, kegiatan yang ada, menyasar kepada peningkatan perekonomian masyarakat yang lebih baik. Bagi kalian yang memiliki minat tinggi di bidang olahraga panahan juga dapat mengasah kemampuan memanah atau sekedar mencoba kegiatan olahraga yang seru ini secara cuma-cuma atau gratis di Kampung Wisata D’jampang. 

Karena untuk berwisata di Kampung Wisata D’jampang tidak dipungut biaya sedikit pun. Namun apabila pengunjung ingin memberikan sedikit rezekinya untuk berinfaq, pengunjung dapat memberikan uang seikhlasnya di kotak yang sudah disediakan di Kampung Wisata D’jampang.

Kampung Wisata D’jampang juga menyediakan homestay berbentuk rumah panggung unik dan murah, harganya mulai dari Rp.300.000/malam saja lho. Selain itu, Kampung Wisata D’jampang juga selalu memiliki acara tahunan yang sangat bermanfaat seperti misalnya event perlombaan panahan yang biasanya diikuti juga oleh beberapa negara seperti Laos, Singapore, Malaysia, dll. 

Jika dilihat dari aspek olahraga panahan yang dikembangkan di zona wisata dan olahraga, Kampung Wisata D’jampang sudah memiliki relasi yang sangat luas, tidak hanya di Indonesia, namun Mancanegara. 

Kampung Wisata Djampang ini juga kedepannya ingin mengembangkan zona wisata dan olahraga seperti menambah spot berkuda, karena menurut pengurus Zona Madina, olahraga panahan dan berkuda sangatlah disukai oleh Rasullullah, maka dari itu sangatlah penting untuk dikembangkan dan diperkenalkan lebih dalam lagi kepada masyarakat Indonesia, khususnya Bogor, Jawa Barat. 

Sangat menarik bukan? Yuk! Tunggu apalagi, ajak keluarga tercinta, berpetualang, berwisata sambil belajar di Kampung Wisata Djampang Dompet Dhuafa.

https://www.kompasiana.com/firdayh/5e5f0396097f36192813c162/wisata-yuk-ke-kampung-d-jampang-kemang-bogor

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *