Berinovasi, Desa Lingsar di Lombok Terapkan Pembuatan Surat Online

Pelayanan Desa secara digital adalah gebrakan yang luar biasa yang bisa dilakkan Desa untuk warganya. Desa Lingsar, Kecamatan Lingsar, Kabupaten Lombok Barat menjadi salah satu desa yang udah sukses menerapkan layanan secara digital. Di desa tersebut, penduduk mendapatkan layanan persuratan dengan mudah hanya lewat online.
Aplikasi layanan surat secara online sudah diterapkan sejak tahun 2016. Layanan surat yang ada beragam, mulai dari pembuatan surat domisili, surat pindah, surat keterangan belum menikah, surat keterangan belum bekerja, sampai surat keterangan lahir. Layanan persuratan online tersebut tak hanya mempermudah warga, namun juga terjamin kerahasiaan dan keamanannya. Sebab, masyarakat yang mendapatkan akses layanan hanyalah yang terdaftar sebagai pemilik e-KTP dengan password yang hanya diketahui oleh warga yang bersangkutan.

Perangkat Desa melayani pembuatan password e-persuratan


Untuk mendapatkan pelayanan secara digital ini, penduduk tinggal masuk ke website desa, lalu masuk ke kolom cetak surat di sana, lalu memasukkan password yang dibikin oleh administrator desa. Syarat wajibnya adalah warga harus memiliki e-KTP.

Sumber: kedesa.id dan republika.co.id

web desa Lingsar

2 Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *