BUMDes Kerta Lestari Mandiri, Desa Penatih Dangin Puri, Kecamatan Denpasar Timur, Kabupaten Kota Denpasar, Bali

Desa Penatih Dangin Puri, Kecamatan Denpasar Timur, Kabupaten Kota Denpasar, Bali memiliki luas wilayah 312 km2. Jumlah penduduk Desa Penatih Dangin Puri yaitu 6.894 jiwa terdiri dari 3.483 jiwa laki-laki dan 3.411 jiwa perempuan. Terdapat 1,324 Kepala Keluarga, 40 Aparatur Pemerintahan, dan 11 Anggota BPD/Lembaga Masyarakat. Saat ini Penatih Dangin Puri tergolong Maju menurut Indeks Desa Membangun dan tergolong Berkembang menurut Indeks Pembangunan Desa.

BUMDes Kerta Lestari Mandiri terletak di jl. Siulan No. 130, Desa Penatih Dangin Puri, Kecamatan Denpasar Timur, Kabupaten Kota Denpasar, Bali. BUMDes Kerta Lestari Mandiri didirikan pada tahun 2018 sesuai dengan Perdes No. 3 Tahun 2018 dan SK No. 59 Tahun 2018. BUMDes Kerta Lestari Mandiri memiliki unit usaha prioritas di bidang perdagangan. Selain itu, BUMDes Kerta Lestari Mandiri memiliki produk unggulan desa berupa pertanian. Modal awal usaha BUMDes Kerta Lestari Mandiri berasal dari APBDesa senilai Rp. 494.218.434. Kini, omzet BUMDes Kerta Lestari Mandiri mencapai Rp. 1.692.143.903/tahun dengan keuntungan sebesar Rp. 47.116.139.

Selama penanganan pandemi Covid-19 BUMDes Kerta Lestari Mandiri dan beberapa BUMDes di Kota Denpasar menyediakan  kebutuhan pokok masyarakat melalui pelayanan sistem daring (aplikasi WatsApp) dan pelayanan  pengantaran. Hal ini, dilakukan sebagai upaya penerapan sosial dan pembatasan jarak. Kegiatan ini tidak hanya melayani masyarakat desa saja, namun juga melayani warung-warung sembako dan pedagang yang ada di sekitar desa.

Desa Penatih Dangin Puri juga melakukan penyemprotan desinfektan dan melakukan koordinasi dengan kepala dusun untuk melakukan pendataan warganya yang baru datang dari luar daerah. Hal ini merupakan suatu langkah antisipasi terhadap penullaran wabah virus Covid-19. Penyemprotan desinfektan dilakukan secara periodic menyasar lingkungan dan rumah warga sampai pandemi Covid-19 ini berakhir. 

Sumber : Pusdatin Kemendesa PDTT, PDDI Kemendesa, BPS

https://covid19.denpasarkota.go.id/berita/read/22708

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *