Gampong Dayah Nibong siap memasuki Industri 5.0 untuk Desa Digital

ACEH UTARA – Perkembangan teknologi informasi yang sedemikian cepat harus diikuti oleh kemampuan sumber daya manusia yang juga unggul. Desa bagian yang tidak terpisahkan dari perkembangan teknologi informasi tersebut dengan menjadi desa digital maka potensi desa dapat dibangun dan dikembangkan untuk kemajuan dan kemakmuran desa.

Inilah contoh desa digital. “Gampong Dayah Nibong sudah memulainya dengan menjadi salah satu Gampong pengguna Aplikasi Smart Gampong maka Gampong Dayah Nibong siap untuk memasuki era industri 5.0 dimana peran teknologi dan peran serta masyarakat sangat dibutuhkan untuk menciptakan Gampong yang maju dan modern” kata Direktur Eksekutif Smart Gampong Indonesia (SGI), Ismunazar, SE,MM, Sabtu, 25 Juli 2020.

Dikatakannya, sosialisasi dan Pelatihan penerapan Aplikasi Smart Gampong dilakukan selama 2 hari mulai tanggal 14-15 Juli 2020. 

Tim Smart Gampong juga memfasilitasi dan mendampingi Kader Desa Gampong Dayah nibong melakukan kunjungan verifikasi data ke setiap rumah penduduk untuk mendapatkan informasi langsung  dari kepala keluarga,hal ini dilakukan sebagai salah satu upaya mendorong partisipasi masyarakat dalam menyukseskan base data Gampong melalui program smart Gampong.

“Pelatihan kali ini menghadirkan Tim IT Smart Gampong dari Kota Medan Sumatera Utara, Abdul Kadir Syamsuir, ST dan Hamdani Nasution, SE serta dibantu oleh Tim Smart Gampong Blang Matangkuli, Mahlil, serta Musliadi yang merupakan tim pelopor Smart Gampong Digital di Aceh Utara yang sudah merasakan manfaat dan kemudahan dari pemakaian Aplikasi Smart Gampong tersebut” pungkas Ismunazar. 

“Semoga dengan penerapan dan pelatihan Smart Gampong akan diikuti oleh Gampong lainnya di Kecamatan Nibong serta Desa-desa lainnya di Aceh Utara” ungkapnya.

Menurut pantauan, kegiatan pelatihan Smart Gampong turut dihadiri oleh perwakilan Camat Nibong, Ketua Forum Nibong Tgk.Isnaini, Geuchik Dayah Nibong Tgk. Razami, Keurani Hamdani Mahmud, SE, dan Tuha Peut Dayah Nibong serta masyarakat sekitar. (Rajali)

Sumber: https://www.acehpress.com/2020/07/gampong-dayah-nibong-siap-memasuki.html

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *