Melirik 5 Destinasi Wisata Di Wamena Dan Sekitarnya

Sebagai pulau paling timur Indonesia, Papua memiliki pesona keindahan alam dan budaya yang sudah tidak diragukan lagi. Tidak hanya Raja Ampat, beredar destinasi wisata lainnya yang tidak akan habis dikunjungi. Salah satunya Wamena.

Wamena merupakan kota yang masuk wilayah Kabupaten Jayawijaya, Papua. Cukup banyak destinasi wisata di sekitar Wamena yang patut untuk dikunjungi ketika berada di Papua. Mulai dari mumi berusia ratusan tahun sampai telaga berair biru.

Banyaknya ragam destinasi wisata di Wamena dan sekitarnya, Mancode mencoba merangkumnya dari berbagai sumber. Berikut ini destinasi wisata Wamena yang bisa dikunjungi.

Lembah Baliem

Wamena dikelilingi oleh lembah bernama Baliem. Lembah ini merupakan tempat tinggal mayoritas Suku Dani. Masyarakat Suku Dani memiliki rumah berbentuk lingkaran yang bernama Honai.

Setiap awal Agustus, Lembah Baliem menjadi tuan rumah festival budaya tertua di Indonesia yakni Festival Lembah Baliem. Beragam ritual budaya, mulai dari tari perang sampai cara masak tradisional berupa bakar batu bisa dilihat wisatawan.

Tidak hanya itu, Lembah Baliem juga memiliki panorama alam yang mengagumkan. Hamparan rumput hijau dipagari pegunungan Jayawijaya yang tampak megah dari kejauhan.

Telaga Biru

Wisata Telaga Biru terletak di Distrik Maima atau berjarak sekitar 12 kilometer ke sebelah arah Tenggara dari Kota Wamena. Telaga ini berbentuk bulat secara alami dan airnya berwarna biru bening.

Wisata Telaga Biru ini juga mempunyai nilai sejarah, yakni mengandung unsur cerita warisan mengenai asal-usul manusia pertama yang hidup di Lembah Baliem. Dalam bahasa daerah setempat, penyebutan “ma-i-ma”, berarti tempat bawah.

sumber : https://mancode.id/berita/melirik-5-destinasi-wisata-di-wamena-dan-sekitarnya/

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *