Keindahan Granodiorit Kapur di atas Pantai Burung Mandi, Belitung

Granodiorit Kapur Burung Mandi adalah formasi batuan granit besar yang berada di atas pantai Burung Mandi. Batuan itu sendiri mirip dengan granit, tetapi mengandung lebih banyak feldspar plagioklas daripada feldspar ortoklas, karakteristik umum granit. Bukit ini juga merupakan situs biara tertua dan terbesar di Belitung: Vihara Dewi Kuan Im, ikon penting keragaman agama di Belitung.

Nama Burung Mandi diambil dari seorang dukun yang pernah tinggal di puncak Gunung Burung Mandi.

Pesona Pantai Burung Mandi – sumber: pedomanwisata.com

Pantai cantik dan penuh sejarah ini sendiri berada di Desa Burung Mandi, Kecamatan Damar, Kabupaten Belitung Timur, Provinsi Bangka Belitung. Jika para pengunjung datang dari ibu kota Kabupaten Belitung Timur, Manggar, mereka masih harus menempuh perjalanan sejauh 20 km untuk bisa mencapai lokasi. Sedangkan bagi para wisatawan yang datang dari luar daerah, mereka harus menempuh perjalanan sejuah 70 km dari Bandara H.A.S Hanandjoeddin, Tanjung Pandan.

Granodiorit diatas Pantai Burung Mandi – sumber: pedomanwisata.com

Di sekitar bukit adalah hamparan pantai berpasir putih dengan deretan pohon pinus, bersama dengan air terjun dan Gn. Burung Mandi, semua juga dapat diakses oleh pengunjung. Ini adalah satu-satunya area di Pulau Belitong yang menggabungkan pemandangan pegunungan dan pantai, menciptakan pemandangan yang benar-benar unik.

Sumber: Geoparkbelitong.net

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *