Mengintip Hijaunya Gunung Lumut yang Menjadi Primadona Desa Limbongan Belitung

Terdengar dari namanya, mungkin Anda akan membayangkan gunung yang hijau oleh hamparan lumut. Ya, gunung yang terletak di Belitung Timur ini, memang sebuah bukit yang dipenuhi oleh beragam jenis lumut. Mulai dari yang sering Anda lihat di daerah lembap, sampai jenis lumut yang langka. Inilah contoh desa peduli lingkungan.

Segar dimata Kawasan Gunung Lumut – sumber: geoparkbelitong.net

Gunung lumut ini terletak di Desa Limbongan Kecamatan Gantung Kabupaten Belitung Timur Kepulauan Bangka Belitung. Gunung ini kini menjadi objek wisata di daerah Belitung. Sesuai namanya, sejauh mata memandang, hamparan lumut tak lepas-lepas. Bahkan, beragam jenis lumut ini seolah seperti hamparan karpet yang digelar di permukaan tanah.

Sebab, lumut tak hanya tumbuh menutupi tanah dan bebatuan saja, tetapi juga ranting pepohonan. Hal itu disebabkan karena udara di kawasan Gunung Lumut yang memang basah dan lembap.

Salah satu Jenis lumut yang ada di Gunung Lumut – sumber: Geoparkbelitong.net

Geosite Gunung Lumut merupakan kawasan konservasi dengan keanekaragaman hayati yang kaya di atas batuan metasediment flysch di Formasi Kelapa Kampit. Bioma ini terdiri dari berbagai jenis lumut dan anggrek hutan hujan tropis termasuk sekitar 9 jenis lumut (Bryophytasp.), Sekitar 9 jenis anggrek (Orchidaceae), dan pasakbumi (Eurycomalongifolia).

Daerah ini juga merupakan sumber air yang penting dan dianggap keramat oleh masyarakat setempat. Nilai kawasan sebagai sumber air bertanggung jawab atas budaya pertanian lokal di Belitong yang tidak bergantung pada musim dan dapat dilakukan sepanjang tahun.

Akses jalan yang dibuat agar tidak merusak ekosistem lumut – sumber: geoparkbelitong.net

Daerah perbukitan merupakan daerah yang terisolasi satu sama lain oleh lembah dan pegunungan. Kawasan hutan hujan tropis ini memiliki kelembaban dan penguapan yang tinggi dan sedikit sinar matahari yang menembus naungan pepohonan. Kondisi tersebut memungkinkan lumut, pakis, anggrek, dan tumbuhan epifit tumbuh subur di permukaan bebatuan dan pepohonan.

Bukit itu sendiri merupakan titik tertinggi di wilayah tenggara Pulau Belitung. Pengunjung bisa menikmati pemandangan indah di puncak Bukit Lumut.

Sepanjang Perbukitan Gunung Lumut – sumber: geoparkbelitong.net

Pengunjung bisa menjelajahi perbukitan, menikmati udara segar dan pemandangan indah di tenggara Pulau Belitong.

Sumber: Geoparkbelitong.net

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *