Desa di Tegal Ini Anggarkan Program Lewat DD Untuk Pemberdayaan Warga Disabilitas


Satu di antara desa di Kabupaten Tegal ini patut diacungi jempol dan dicontoh. Inilah contoh desa inklusif.

Pasalnya, para penyandang disabilitas di desa ini diprogramkan oleh Pemerintah Desa (Pemdes) setempat demi terwujudnya Desa Inklusi. Nama desa ini adalah Desa Dukuhsalam, Kecamatan Slawi, Kabupaten Tegal.

Pemdes Dukuhsalam secara khusus menganggarkan program desa inklusi bagi para difabel dalam Dana Desa (DD).

Kades Dukuhsalam, Agus Riyadi menuturkan, untuk mewujudkan program desa inklusi ini, pihaknya tak luput menggandeng organisasi Difabel Slawi Mandiri (DSM).

Dalam program ini, Agus berharap supaya desa yang dipimpinnya bisa ramah bagi segala kalangan, termasuk bagi kaum disabilitas.

“Kita menggandeng DSM supaya program Desa Inklusi bisa terwujud secara bertahap. Tahun 2019 ini, kita anggarkan sebesar Rp 16 Juta melalui DD. Meski kecil, semoga bisa terwujud secara perlahan,” jelas Agus kepada Tribunjateng.com, usai pemberian alat bantu bagi warga difabel di Kantor Pemdes Dukuhsalam, Senin (25/11/2019).

Sementara, Sekjen DSM, Indra Eravani menuturkan, adapun enam warga disabilitas di Desa Dukuhsalam mendapat alat bantu dalam rangka pemberdayaan melalui DD.

Adapun alat bantu gerak yang diberikan pihak Pemdes Dukuhsalam meliputi, kaki palsu, kursi roda, kruk, bris kaki, dan afo kaki.

“Untuk penerima kruk ada dua orang. Semua alat bantu ini diserahkan langsung oleh pak Kades Agus Riyadi kepada enam penerima. Semoga desa-desa lainnya bisa berupaya juga untuk mewujudkan desa ramah bagi segala kalangan,” harap Indra.

sumber : https://jateng.tribunnews.com/2019/11/25/salut-desa-di-tegal-ini-anggarkan-program-lewat-dd-untuk-pemberdayaan-warga-disabilitas

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *