“Sipakatau”, Lembaga Inklusif Desa Barembeng

Desa Barembeng terletak di Kecamatan Bontonompo Kabupaten Gowa Provinsi Sulawesi Selatan. Dengan luas wilayah 272 Ha atau sekitar 12 % dari Kecamatan Bontonompo, terdapat 4 dusun, 0 RW dan 17 RT di desa ini. Desa Barembeng menjadi desa inklusif yaitu desa ramah disabilitas. Desa Barembeng memiliki jumlah penduduk laki laki sebanyak 1709 jiwa dan penduduk perempuan sejumlah 1876 dengan total jumlah keluarga sebanyak 1018. Status desa adalah berkembang dilihat dari IDM 2020 dengan nilai IDM 0,6921.  Sebanyak 1026 keluarga di desa merupakan pengguna listrik PLN. Bahan bakar untuk masak sebagian besar keluarga adalah gas elpiji 3 kg. Sinyal komunikasi di desa ini termasuk kuat untuk sinyal telepon seluler dan mendukung 2,5G/E/GPRS untuk sinyal internet, dengan jumlah operator layanan komunikasi yang telah menjangkau di desa ada 4 jenis.

Masyarakat desa dapat dikatakan sehat dan sejahtera. Hal ini ditandai dengan tidak adanya wabah muntaber / diare, DBD, campak, malaria, flu burung, hepatitis E, difteri, dll dan terdapat 4 posyandu yang memberikan penyuluhan dan makanan / minuman tambahan. Lembaga kesehatan lain yang tersedia di desa ini adalah 1 unit pustu dan 1 unit poliklinik.  Gizi di desa juga cukup baik ditandai dengan tanpa adanya penderita gizi buruk. Air minum di desa terkategori berkualitas dengan sebagian besar keluarga sumbernya berasal dari sumur bor / pompa. Sanitasi sebagian besar keluarga di desa adalah jamban sendiri, terdapat tangki / instalasi pengelolaan air limbah dan belum ada keberadaan bank sampah di desa ini untuk pengelolaan sampah.

Pendidikan desa termasuk berkualitas dibuktikan dengan adanya kegiatan pemberantasan buta aksara. Selain kegiatan tersebut, lembaga pendidikan yang tersedia di desa adalah 1 unit TK/BA, 3 unit SD/ MI, 1 unit SMP/MTs dan 0 unit SMA/ SMK/MA, dengan akses untuk mencapai lembaga pendidikan tersebut terkategori mudah. Untuk kegiatan pendidikan lainnya, terdapat kegiatan taman pendidikan al-qur’andan taman bacaan masyarakat (TBM) di Desa Barembeng. 

Lembaga keuangan yang tersedia di desa berupa sarana pengembangan ekonomi desa juga tersedia yaitu 10 toko / warung kelontong dan 1 unit BUMDES. Terdapat keberadaan produk unggulan yang ada di desa yaitu produk pangan, dengan komoditas sebagian besar penduduk desa adalah padi. Lalu lintas dari / ke desa/ kelurahan melalui darat, dengan jenis permukaan jalan darat antar desa adalah aspal/beton, dan belum ada angkutan umum yang masuk desa.

Desa ini termasuk tanggap bencana dengan tersedianya upaya mitigasi bencana alam seperti pembuatan, perawatan atau normalisasi: sungai, kanal, tanggul, parit, drainase, waduk, pantai, dll. Meski tanggap desa ini tidak mengalami bencana tanah longsor, banjir, banjir bandang, gempa bumi, tsunami, gelombang pasang laut, puting beliung, gunung meletus dan kebakaran hutan dan lahan selama 2 tahun terakhir. Desa ini damai dan berkeadilan dengan tidak adanya konflik dan kriminalitas yang terjadi.  

Banyak penyandang cacat di desa terdiri dari 2 jiwa tunatera / buta, 2 jiwa tunarungu / tuli dan 2 jiwa tunawicara / bisu dan desa Barembeng adalah salah satu desa inklusif ramah disabilitas. Yayasan Swadaya Mitra membentuk lembaga pelayanan desa, di Desa Barembeng, Kecamatan Bontonompo bersama dengan Desa Pakatto, Kecamatan Bontomarannu, Kabupaten Gowa. Warga Desa Barembeng sepakat memberi nama lembaga mereka “Sipakatau”. Lembaga ini akan menjadi wadah diskusi dan pengaduan bagi kelompok rentan seperti penyandang disabilitas, perempuan, anak dan kelompok rentan lainnya. Lembaga kelompok rentan ini berhasil dibentuk setelah melewati diskusi kampung. Menghadirkan fasilitator Lina May dari Koalisi Perempuan Indonesia dan Darwis Rampi, Tenaga Ahli Program Pembangunan dan Pemberdayaan Masyarakat Desa (P3MD) Kabupaten Gowa.

Sumber : Kemendesa, Podes 2018, Korpodes 2019, Kecamatan dalam angka tahun 2019, https://makassar.sindonews.com/berita/4473/4/kelompok-disabilitas-bentuk-pos-pelayanan-dan-pengaduan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *