Indahnya Air Terjun Panisan, Desa Tanjung, Riau

Desa Tanjung, Kecamatan Koto Kampar Hulu, Kabupaten Kampar, Riau adalah contoh desa wisata. Tempat ini berjarak 123 Km dari kota Pekanbaru, Ibukota Provinsi Riau. Dapat ditempuh lebih kurang 3 jam dengan mobil atau kendaraan bermotor. Jangan khawatir akan jalan berlubang dan berlumpur, karena untuk sampai ke desa ini anda akan melalui jalan Provinsi yang sudah mulus dan beraspal.

Berkunjung ke Air Terjun Panisan praktis tidak mengeluarkan duit banyak, sesampai di Desa Tanjung, anda akan memasuki sebuah perkampungan lama lalu melanjutkan perjalanan dengan menaiki sebuah rakit kayu. Ongkos per orang berkisar 3.000-5.000, itu pun tidak perlu membayar biaya parkir motor jika anda melanjutkan perjalanan dengan jalan kaki. Ada dua alternatif yang bisa anda pilih untuk melanjutkan perjalanan dari rakit tersebut untuk sampai ke Air Terjun Panisan, yakni dengan berjalan kaki atau melanjutkan dengan sepeda motor.

Jika anda seorang penjelajah alam yang tangguh, berjalan kaki merupakan pilihan yang tepat, karena sepanjang perjalanan anda akan di suguhkan dengan tampilan alam yang asri dengan pepohonan rindang yang teduh, sungai kecil yang mengalir, serta pemandangan Bukit Barisan yang menjulang tinggi. Waktu yang ditempuh sekitar 40 menit.

Tapi jika tak kuat berjalan kaki, sangat disarankan untuk melanjutkan dengan sepeda motor. Bila melanjutkan dengan menggunakan sepeda motor pengunjung bisa memberi uang lebih untuk parkir berkisar Rp3000 – Rp5000.

Lazimnya destinasi wisata yang berada jauh dari hiruk-pikuk perkotaan, Air Terjun Panisan pun menyajikan kemurniaan alam yang belum terjamah keasliannya, airnya yang jernih dan dingin serta pasirnya yang  putih akan memberikan ketenangan, tempat yang cocok  dijadikan untuk bersantai. Medan terjal yang di tempuh sepanjang perjalanan akan terbayar seketika saat anda mulai memasuki kawasan air terjun.

Air Terjun Panisan memiliki tinggi sekitar 50 meter dengan curah air yang akan semakin tinggi jika memasuki musim hujan, sesampai di lokasi, salah satu kegiatan yang tidak boleh anda lewatkan tentu saja berenang dan mandi menikmati kesejukan air terjun, pengunjung jangan takut terseret arus atau tenggelam karena tidak bisa berenang, kedalaman air hanya sekitar satu meter, selain itu pengunjung bisa juga melakukan camping dan berswafoto.

Sumber : https://seringjalan.com/wisata-air-terjun-panisan-kampar/, https://gardaberita.com/indahnya-pesona-air-terjun-panisan-di-desa-tanjung-kampar-riau/

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *