Pesona Padang Rumput dan Danau di Desa Lubuk Siam, Riau

Desa Lubuk Siam dalah salah satu adalah contoh desa wisata. Desa ini terletak di Kecamatan Siak Hulu yang mempunyai Luas wilayah + 12.000 Ha. Dilihat dari topografi dan kontur tanah, Desa Lubuk Siam Kecamatan Siak Hulu secara umum berupa dataran rendah (atau daerah aliran sungai)  dan Perbukitan yang berada pada ketinggian antara di atas permukaan laut dengan suhu rata-rata berkisar antara 250 s/d 320 Celcius. Desa Lubuk Siam terdiri dari Empat (4) Dusun, Lima (5) RW dan Sembilan (9) RT. Orbitasi dan waktu tempuh dari ibukota kecamatan ± 15 km2 dengan waktu tempuh ± 20 menit melalui jalan pintas, dari ibukota kabupaten ± 75 km2 dengan waktu tempuh ± 1,5 jam dan jarak dari ibu kota Provinsi ± 22 Km dengan waktu tempuh ± 30 Menit perjalanan.Batas-batas administratif pemerintahan Desa Lubuk Siam Kecamatan Siak Hulu sebagai berikut :

–    Sebelah Utara:Dengan Desa Desa Baru dan Desa Pandau Jaya
–    Sebelah Timur:Dengan Desa Tanjung Balam
–    Sebelah Selatan:Dengan Desa Kepau Jaya dan Desa Lubuk Sakat
–    Sebelah Barat:Dengan Desa Teratak Buluh

Desa Lubuk siam memiliki potensi wisata alam yaitu, padang rumput nan hijau dan danau putus lubuk siam. Pesona Danau yang hijau dan air yang bersih membuat danau ini sangat memikat. Selain bisa melihat pemandangan saat menelusuri danau, danau ini juga sangat cocok untuk memancing.

Menurut sumber yg dapat dipercaya. Bahwa Danau Putus mempunyai ciri khas yang beda dari Danau-danau lain di Desa Lubuk Siam. Keistimewaan Danau Putus diantaranya adalah bahwa ikan yg ada di dalamnya sangat enak dan diminati oleh orang banyak termasuk orang2 dari luar desa lubuk siam. Selain itu sudah menjadi kebiasaan pula bahwa dari dulu setiap merewut ikan dan peliung sudah jadi, air sungai kampar bertambah.

Selain itu keistimewaan lainnya adalah bahwa setiap ikan yg masuk ke danau jarang keluar lagi secara berkelompok dan setiap ikan motan yg mudik di sungai kampar pastilah banyak yang masuk ke danau putus.

Masyarakat juga masih memegang kepercayaan bahwa ada tata krama dan sikap yg harus dijaga saat mengambil ikan di danau tersebut. Kalau tidak terjaga maka tidak mungkin hal2 aneh bisa saja terjadi.

Seperti gambar diatas, dari udara terlihat luas bentangan padang rumput nan memanjakan mata, tempat ini sangat cocok untuk dijadikan tempat piknik bersama keluarga.

Sumber : https://lubuksiam.blogspot.com/2019/08/merewut-danau-putus-lubuk-siam.html, https://lubuksiam.blogspot.com/search/label/Profil, https://gramho.com/explore-hashtag/kamparsky2020

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *